Cara Menemukan Buyer Persona Menggunakan Facebook Insight

( ketahui cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight, Solusi membuat iklan anda semakin efektif )

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight

Awal saya menggunakan facebok audience insight sih biasa-biasa saja, sampai saya mulai belajar tentang BMC (bussines Model Canvas).Sebuah metode yang dipakai para pebisnis dunia untuk membuat bisnis mereka bertahan lama.

Di Bussiness Model Canvas saya menemukan ternyata kunci utama ada pada 3 hal yaitu value proposition, target market dan chanel marketing.Sungguh menarik sekali.

Biasanya Value proposition menjadi hal yang sangat mudah sekali dimunculkan, apalagi bagi orang dengan mesin kecerdasan Intuiting.Allah memberinya intuisi lebih dalam menemukan ide-ide baru yang bisa dipakai dimasa akan datang.

Caranya mudah, ceritakan saja apa yang anda keluhkan atau ketahui tentang bisnis, nanti si Intuiting akan berkhayal liar dan memberikan ide-ide yang gak kamu duga sebelumnya.

Sebagai seorang intuiting , value proposition menjadi tugas mudah buat saya, namun ketika masuk ke target market sepertinya otak ini mau hank saja.Maklum saya sangat pusing dengan hal yang sangat detil, padahal itu PENTING.

Saya pun mempelajarinya lebih dalam lagi, lebih karena penasaran saja, kok sulit banget (tertantang nih ceritanya).Sehingga pelajaran saya mengarah kepada buyer persona.

Astaghfirulllahaladziim, ini kesalahan saya selama ini (keluh saya dalam hati).Awal saya melakukan kegiatan marketing.Validasi saya lakukan dengan tidak elegan, membabi buta saja.

Seperti seorang rambo dengan senapan mesin ditangannya.Hanya tinggal menembakkan saja kearah mana yang disukai dan membuang-buang peluru yang sangat bernilai harganya.

Memahami materi buyer persona akan mendidik kamu menjadi seorang sniper, kalau anda seorang marketer maka kegiatan penjualan anda selalu berkonversi tinggi.

Karena anda tahu, kepada siapa penawaran ini diberikan dan bentuk penawarannya seperti apa untuk menciptakan konversi yang tinggi.Keren kan ?

Contoh, seorang tenaga pemasaran mobil menemukan bahwa anak lulus SMA merupakan salah satu target market penjualan mereka.Karena Usia nya sudah memenuhi hukum tentang izin berkendara.

Tapi kan mereka tidak punya uang? yes, mereka tidak punya uang tapi orang tua mereka punya.Tentu saja mereka akan mengajukan permintaan kepada orang tua mereka.

Di sinilah peranan mengetahui buyer persona pembeli ,membantu kita dalam mengidentifikasi jenis pelanggan yang ideal.Sehingga Anda dapat memproduksi konten yang efektif untuk menjual produk Anda,

Dan mengurangi tindakan brutal dalam melakukan penawaran seperti post di facebook , blog , instagram, youtube atau channel marketing lainnya.

Buyer persona adalah profil terperinci dari pelanggan ideal Anda, yang mencakup detail spesifik tentang pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda.

Membuat buyer persona mirip dengan membuat profil Facebook. Saat Anda membuat profil persona pembeli, Anda menyertakan setiap detail kecil tentang pembeli terbaik Anda: lokasi, usia, jenis kelamin, pekerjaan, perusahaan tempat mereka bekerja, status perkawinan, minat, kebiasaan belanja mereka, dan banyak lagi.

Berikut Unsur Utama Buyer Persona

  1. Info Latar Belakang Pribadi: mencakup detail seperti pekerjaan, keluarga, usia, pendapatan, dan jenis kelamin
  2. Apa yang Mereka Inginkan: termasuk tujuan mereka, jenis tantangan yang mereka hadapi, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memberikan solusi
  3. Mengapa Mereka Membeli Produk Anda: mencantumkan alasan orang ini akan membeli produk Anda, masalah khusus apa yang dipecahkannya, dan apa yang menahan mereka dari membeli
  4. Cara Terbaik untuk Menjangkau: menjelaskan cara paling mudah untuk menjangkau pelanggan ini dan bagaimana Anda menjelaskan solusi Anda

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menemukan detail spesifik seperti itu untuk membuat Buyer Persona. Nah, Facebook telah melakukan pekerjaan itu untuk Anda.

Saat membuat profil di Facebook, orang-orang berbagi semua informasi ini dengan seluruh dunia. Melalui platform periklanannya, Facebook memberikan semua jenis akses bisnis ke informasi pengguna ini, yang dapat Anda gunakan untuk secara efektif menargetkan audiens Anda dengan kampanye iklan.

Sebelum memulai, pastikan Anda menggunakan Facebook Audience Insights. Wawasan Laman Facebook hanya akan menawarkan detail terbatas yang terkait dengan laman tertentu. Anda harus melampaui itu.

Untuk mengakses Audience Insights, masuk ke akun Facebook Anda dan buka Pengelola Iklan Anda, buka panel Explore di sisi kiri, dan temukan tautan Audience Insights di menu drop-down.

Dari sini, Anda dapat membuat pemirsa khusus dan melihat semua jenis informasi terperinci yang terkait dengan audiens Anda. Anda bahkan dapat menyegmentasikan data menggunakan banyak filter yang berbeda; misalnya, untuk mencari orang tua dengan anak-anak usia 13 hingga 18 tahun. Ini adalah audiens yang sempurna bagi penjual mobil untuk mempromosikan dan menjual mobil.

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight 9

Berikut langkah-langkah membuat persona pembeli Anda sendiri menggunakan facebook.

#1 Buat Pemirsa Khusus

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight 4

Meskipun lebih mudah menggunakan Wawasan Pemirsa Facebook untuk mengidentifikasi dan membuat audiens, Anda tidak boleh menebak ketika Anda menentukan detail persona pembeli Anda.

Pendekatan terbaik adalah membuat pemirsa khusus menggunakan daftar email atau telepon Anda .Terdiri dari orang-orang yang telah menunjukkan minat pada produk Anda, jadi ini lebih efektif untuk menemukan ciri pelanggan ideal Anda.

Anda dapat mengunduh daftar email Anda sebagai file CSV dan mengunggahnya ke Facebook. Kemudian Facebook memindai email ini untuk menemukan profil prospek Anda untuk membuat audiens khusus. Facebook menyarankan Anda untuk menggunakan daftar email atau segmen daftar minimal 1.000 orang untuk membuat audiens yang lebih akurat.

Buka Pengelola Iklan Anda dan kemudian pergi ke halaman Audiens. Dari menu Buat Audiens, pilih Penonton Kustom.

Kemudian pilih opsi File Pelanggan untuk mengunggah file CSV Anda.

#2 Menganalisis dan Membuat Catatan Karakteristik Audiens

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight 6

Kini setelah Anda memiliki audiens khusus yang dibuat dari prospek dan pelanggan yang ada, Anda dapat mulai menganalisis audiens Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka.

Kembali ke halaman Wawasan Pemirsa di Manajer Iklan. Klik bagian Custom Audience di sebelah kiri dan pilih audiens khusus yang baru saja Anda buat menggunakan daftar email Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda data demografis luas yang terkait dengan audiens khusus Anda.

Gunakan filter untuk mempersempit pemirsa Anda berdasarkan negara, usia, status hubungan, status keuangan, pekerjaan, dan pendidikan. Catatlah minat dan kebiasaan pelanggan ideal Anda.

Selanjutnya, beralih antar tab untuk mempelajari lokasi, pendapatan rumah tangga, dan jenis perangkat apa yang mereka gunakan untuk menjelajahi web.

Lebih penting lagi, Anda dapat mencari tahu jenis produk apa yang paling ingin mereka beli.

#3 buat data buyer persona anda

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight 7

Setelah kita menemukan data kunci tentang calon konsumen kita , maka profil calon konsumen kita akan semakin jelas.

Setelah Anda mengidentifikasi data kunci yang terkait dengan pelanggan Anda, Anda dapat mulai membuat profil untuk mengatur semua informasi di satu tempat.

Bergantung pada industri dan jenis bisnis yang Anda miliki, Anda harus membuat persona pembeli unik untuk mem-profil rincian yang diperlukan pelanggan Anda untuk kemudahan penggunaan.

Anda dapat membuat buyer persona dari awal atau Anda dapat menggunakan templat buyer persona untuk mendapatkan ide tentang cara membuatnya. Bahkan ada alat online seperti Pembuat Persona Pengguna Xtensio gratis yang memungkinkan Anda membuat profil persona pembeli dengan cepat.

Kesimpulan

Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight 2

Mulailah memikirkan buyer persona bisnismu, untuk mempermudah mendapatkan calon konsumen yang lebih tertarget.

Lakukan tes pasar atau validasi, untuk semakin memperjelas profil calon konsumen.

Kumpulkan data buyer persona dan sudah tervalidasi dan lakukan analisa untuk semakin mempertajam data buyer persona anda.

Dengan data itu akan mempermudah untuk kita membuat penawaran kepada konsumen untuk kembali melakukan pembelian ( retension) dan calon konsumen untuk segera melakukan pembelian (conversion).

Selain meningkatkan konversi dan retensi dalam penjualan , dengan adanya data buyer persona akan memperbesar data marketshare dari market size yang kita dapat.

Demikianlah materi tentang Cara menemukan buyer persona menggunakan facebook insight Selamat melakukan praktek ilmu diatas.Jika ada yang mau anda diskusikan di group, jika anda belum masuk kedalam group ,silahkan ke halaman utama dan kirim form free membership anda disana.

Baca juga artikel tentang daftar targeting facebook dan instagram, untuk semakin mempermudah anda dalam melakukan targeting beriklan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *